Selasa, 14 November 2017

Citra Mendalam Pleiades yang Berdebu

Kredit Foto & Hak Cipta: Juan Carlos Casado (TWAN, Earth & Stars), Miquel Serra-Ricart & Daniel Padron, FECYT

Penjelasan: Siapa tak kenal Pleiades? Ia merupakan gugus bintang paling terang di langit Bumi yang bahkan dapat dilihat dari hampir semua lokasi dengan mata telanjang. Pada citra mendalam ini, gugus bintang Pleiades teramati sedang secara perlahan menghancurkan sebagian awan dan debu yang lewat di depannya. Awan dan debu tersebut merupakan bagian dari Sabuk Gould, sebuah fitur berbentuk cincin yang merupakan area pembentukan bintang muda di galaksi Bimasakti. Selama 100.000 tahun terakhir, bagian dari Sabuk Gould secara kebetulan bergerak melewati Pleiades yang lebih tua, menyebabkan reaksi kuat antara bintang dan debu. Tekanan dari cahaya bintang di Pleiades secara signifikan menolak debu dari Sabuk Gould, itulah mengapa area Pleiades masih tampak berwarna biru walaupun sudah dikepung awan debu dari Sabuk Gould ini. Oh iya, citra mendalam ini juga berhasil menangkap keberadaan Komet C/2015 ER61 (PanSTARRS) di kiri bawah.

Kredit Konten: The Pleiades Deep and Dusty