Rabu, 18 Oktober 2017

Bintang-bintang dan Debu di Korona Australis

Kredit Foto & Hak Cipta: Eric Coles & Martin Pugh

Penjelasan: Awan debu biru dan bintang-bintang muda yang energik menghuni pemandangan teleskopik ini, yang berjarak kurang dari 500 tahun cahaya jauhnya di arah rasi bintang Korona Australis. Awan debu secara efektif menghalangi cahaya dari bintang-bintang latar belakang yang berada lebih jauh di Bimasakti. Namun, kompleks luar biasa dari nebula refleksi, yang dikatalogkan sebagai NGC 6726, NGC 6727, dan IC 4812 yang menghasilkan warna biru khas sebagai cahaya dari daerah bintang biru terang, dipantulkan oleh debu kosmik. Debu tersebut juga mengaburkan cahaya bintang-bintang yang masih dalam proses pembentukan dari pandangan kita di Bumi. Di bagian kiri gambar, nebula kekuningan lebih kecil yang dikatalogkan sebagai NGC 6729 tampak melengkung mengitari bintang variabel muda R Korona Australis. Di bagian bawahnya, lengkungan dan gulungan bercahaya dikejutkan oleh aliran material yang keluar dari bintang yang baru lahir yang diidentifikasi sebagai objek Herbig-Haro. Di langit, bidang pandang ini merentang sekitar satu derajat, setara dengan hampir 9 tahun cahaya.

Konten Kredit: Stars and Dust in Corona Australis